ENTERPRISE RISK MANAGEMENT & RISK BASED AUDITING (ERM & RBA)

ENTERPRISE RISK MANAGEMENT &  RISK BASED AUDITING  (ERM & RBA)

Hotel Ambhara / Hotel Ibis Arcadia – Jakarta|9-10 Juni 2011|Rp 3.500.000,-

 

Gambaran Umum Program
Pada saat ini, Enterprise-Risk Management (ERM) berdasarkan kerangka (framework) COSO merupakan bagian tak terpisahkan dari operasional perusahaan sehari-hari. Profesi Internal Auditing memiliki peranan penting dalam meningkatkan kinerja perusahaan agar lebih  efektif dan efisien terutama dari aspek pengendalian. Oleh karena itu, Auditor (Internal Auditor & Eksternal Auditor) perlu menerapkan pendekatan Audit Berbasis Risiko (Risk Based Auditing/RBA) dalam plaksanaan audit.

Terdapat kesamaan pendekatan filosofi (philosophy approach) antara ERM & RBA, yaitu bahwa upaya pencapaian tujuan organisasi dapat memberikan nilai tambah (value added) bagi perusahaan , apabila:

  1. Semua risiko yang signifikan dalam pencapaian tujuan organisasi dapat teridentifikasi dengan baik.
  2. Semua risiko yang sudah teridentifikasi (Risk Identification)  dapat diukur dengan tepat.
  3. Setiap risiko yang signifikan dapat dikelola (Risk Managed) di dalam suatu risiko yang dapat diterima oleh organisasi (Risk Appetite ) yang tertentu,
  4. Manajemen operasional dapat merespon setiap risiko (Risk Response) dengan tepat dan sesuai kapasitas organisasi.
  5. Auditor, terutama Internal Auditor dalam melakukan audit menggunakan pendekatan berbasiskan risiko (Risk Based Audit Approach).

Goal & Benefit

  1. Auditor (Internal & Eksternal auditor) mendapatkan wawasan paradigma baru dalam melakukan audit.
  2. Internal Auditor dapat memahami teknik dan proses Risk Based Auditing (RBA).
  3. Manajemen operasional dapat memahami peran Internal Auditor dalam meningkatkan kinerja perusahaan, terutama dari aspek pengendalian risiko.
  4. Kerjasama antara Internal Auditor dengan Manajemen Operasional akan lebih meningkat, karena terdapat persepsi yang sama dalam memandang suatu risiko (risk) di perusahaan.
  5. Penerapan RBA oleh Internal Auditor dapat membantu manajemen organisasi untuk :
  • Mengevaluasi tingkat penerapan ERM secara periodic. dan berkesinambungan
  • Mampu menghindarkan / meminimalisir kerugian perusahaan karena terjadinya risk events.
  • Meningkatkan kemampuan dalam mengelola risiko.

 

Wajib di ikuti Oleh :

  1. Para Internal Auditor yang bekerja di perusahaan terbuka (go public) , perusahaan swasta, perusahaan multionasional & perusahaan asing.
  2. Auditor yang bekerja sebagai Satuan Pengawasan Intern di BUMN / BUMD.
  3. Auditor yang bekerja di Badan Pengawasan Daerah (BAWASDA) tingkat Kabupaten / Kotamadya & Propinsi.
  4. Auditor  yang bekerja di Kantor Akuntan Publik (KAP).
  5. Dewan Komisaris & Komite Audit.
  6. Manajemen Operasional yang bekerja di Divisi Risk Management & Compliance, Divisi Good Corporate Governance, Divisi Accounting & Finance dll

 

FASILITATOR :
Muh. Arief Effendi , SE, MSi, Ak, QIA, CPMA, beliau adalah seorang senior auditor, pengajar dan konsultan yang telah memiliki pengalaman. Pengalaman mengajar di  STIE Supra (Institut Teknologi & Bisnis Kalbe), STIE Muhammadiyah, Bakrie University (Bakrie Schhol of Management), Trisakti School of Management (STIE Trisakti), Fakultas Ekonomi Universitas Mercu Buana, Fakultas Ekonomi Universitas Trisakti, Pasca Sarjana Universitas Budi Luhur. Selain itu beliau menjabat Internal Auditor Subdit SPI di PT Krakatau Steel, Staf Sekretaris Menteri Negara (Sesmeneg) Pendayagunaan BUMN Bidang Pengawasan & Pengendalian BUMN di Kantor Menteri Negara Pendayagunaan BUMN / Badan Pembina BUMN, Staf Biro Pengawasan Keuangan, Deputi Ekonomi & Keuangan di Badan Pengelola Industri Strategis (BPIS), Auditor pada Deputi Bidang Pengawasan Perminyakan & Gas Bumi di Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Pusat

 

Investasi :

  • Rp 3.500.000,- (tiga juta lima ratus ribu rupiah), sudah termasuk seminar kit, souvenir, sertifikat keikutsertaan, makan siang dan rehat kopi, belum termasuk pajak.
  • Discount 5% untuk peserta pendaftar pertama.
  • Discount 10% untuk pendaftaran group minimal 3 orang.

 

Posted in: Audit

About the Author:

http://www.twitter.com/avisdjamal

Post a Comment