CREATIVE PROBLEM SOLVING AND DECISION MAKING

CREATIVE PROBLEM SOLVING AND DECISION MAKING

Grand Setiabudi Apartment, Bandung – 23 s.d. 25 Juli 2008 | Rp. 3.000.000,- / orang (non res)

OVERVIEW

Problem solving adalah bagian dari eksekusi rencana kerja perusahaan dan pekerjaan sehari-hari dari seorang supervisor/manajer. Pelaksanaan aktifitas berdasar rencana tidak selalu berjalan mulus. Banyak hambatan dan masalah yang akan mempengaruhi hasil pencapaian kinerja perusahaan. Begitu banyak masalah yang di hadapi sehari-hari sehingga bahkan cara mengajukan pertanyaan dan menentukan mana hal yang ‘perlu dianggap masalah’ dan yang bukan masalah sudah merupakan tahap awal yang penting dalam proses menyelesaikan masalah dan mengambil keputusan.

Ketidakmampuan seorang manajer untuk melakukan itu kadang membuat manajer tersebut berkutat pada suatu masalah yang sebetulnya tidak terlalu penting buat dia. Karenanya seorang manajer perlu mentukan prioritas permasalahan mana yang perlu dihadapinya terlebih dahulu dan menentukan berapa lama dia dapat menyediakan waktu untuk mengatasi permasalahan tersebut.

TOPICS WILL BE DISCUSSED

  1. Problem Solving and Decision Making Introduction : Paradigm Shift – seeing a problem as opportunity, Six Thinking Hats, Problem Solving and Decision Making Cycle.
  2. Analisis Persoalan : Konsep sistematika Analisis Persoalan, Evaluasi proses berpikir
  3. Analisis  Situasi : Teknik memilah-milah masalah kompleks, Memprioritaskan masalah, Menentukan pendekatan solusi masalah.
  4. Analisis Keputusan : Konsep sistematika pembuatan keputusan, Penerapan pembuatan keputusan
  5. Analisis Persoalan Potensial : Konsep sistematika pengamanan keputusan, Penerapan pengamanan rencana atau keputusan.

BENEFITS YOU WILL RECEIVE

Setelah mengikuti pelatihan ini peserta diharapkan mampu :

  1. Mampu mengenali masalah yang ada serta prioritas penyelesaiannya.
  2. Mampu memilih informasi yang relevan dan membuat analisis untuk menemukan sebab timbulnya persoalan secara lebih terarah.
  3. Mampu merinci sasaran yang realistis, mengembangkan alternatif-alternatif dan menentukan pilihan tindakan yang terbaik setelah mempertimbangkan akibat-akibat yang mungkin merugikan.
  4. Mampu menyusun rencana tindakan secara rinci dan mengamankan pelaksanaannya dengan mengadakan tindakan-tindakan pencegahan dan proteksi.

PARTICIPANT

Manajer, Supervisor dan staf yang banyak menghadapi masalah dan harus memecahkannya serta harus mengambil keputusan

FACILITATOR

DR. Hj. Diana Harding, Psikolog, M.Si., adalah lulusan program Doktoral dan Magister pada Fakultas Psikologi Pasca Sarjana UNPAD Bandung. Kegiatan beliau saat ini adalah sebagai instruktur di beberapa konsultan training untuk program pelatihan yang terkait dengan Human Resources Management (HRM) seperti Achievement Motivation Training (AMT), Customer Services, Customer Satisfaction, Coaching and Conselling Techniques, Team Building, Leadership, Pengembangan Kepribadian, Komunikasi, dll. Kegiatan lain beliau adalah sebagai akademisi di berbagai perguruan tinggi, dimana yang bersangkutan juga aktif membuat karya tulis terkait dengan bidang psikologi.

I N V E S T A S I

  • Rp. 3.000.000,- / orang (non res)
  • Peserta yang mendaftar sebelum tanggal 17 Juli 2008 cukup membayar Rp. 2.500.000.-
  • Include : Training Kit, Materi, Certificate, CD Modules, souvenier, meeting package (coffee break 2x dan lunch).

About the Author:

Post a Comment